Pulau Sangalaki, Tempatnya Penyu dan Pari Manta

Pulau Sangalaki, pulau ini merupakan sebuah pulau indah diantara beberapa pulau wisata lainnya yang berada di Kepulauan Derawan diantara lain seperti Pulau Kakaban, Maratua, Derawan, Nabucco dan lain-lain. Di perairan Pulau Sangalaki inilah biasanya kita bisa bertemu dengan gerombolan ikan Manta yang sedang meliuk-liuk indah di dalam laut.

Hewan air yang semakin langka ini suka berkeliaran disekitar Pulau Sangalaki karena disinilah banyak tersedia makanan mereka yang berupa Plankton. Namun jangan bayangkan plankton yang mereka makan adalah mahluk bermata satu yang sangat terobsesi dengan ramuan rahasia Crabi Patty nya tuan Crab.

Selain Manta, salah satu keunikan pulau ini adalah tempat persingggahan Penyu untuk bertelur sehingga disini didirikan konservasi penyu yang di kelola langsung oleh BKSDA Kabupaten Berau. Para wisatawan yang ingin melihat penyu-penyu ini bertelur di malam hari haruslah didampingi oleh petugas di sana karena penyu adalah hewan yang sensitif, ada sedikit saja cahaya maka dia akan batal untul bertelur. Makanya wisatawan baru diperbolehkan untuk mendekat ketika hewan ini sudah mulai mengeluarkan telurnya.Namun sayang semakin hari semakin jarang mereka ditemui di permukaan laut, seperti kami yang sudah berputar-putar di sekitar pulau ini namun tidak juga bertemu dengan hewan yang mirip layang-layang ini. Berbeda halnya dengan para Diver yang dengan mudahnya bertemu mereka karena langsung menyelam ke sarang mereka.

Keindahan Flora dan Fauna bawah laut Pulau Sangalaki juga membius para penyelam dengan keindahan dan keanekaragamannya, ada banyak dive point yang terkenal  seperti Channel Entrance, Coral Gardens, Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta  Avenue, Ridge, Light house, The Rockies dan lain-lain yang siap untuk diselami. Konon katanya keindahan terumbu karangnya juga merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.Konservasi untuk menjaga hewan ini dari kepunahan bukannya tanpa halangan, pernah juga masyarakat sekitar Pulau Derawan menduduki pulau ini karena menurut mereka selama bertahun-tahun kegiatan ini tak pernah melibatkan mereka, bahkan cendrung mematikan salah satu sumber penghasilan mereka yang sebelumnya sebagai pencari telur penyu.

Hanya ada satu resort di sini, namanya Sangalaki Manta Paradise.  Disamping  14 cottages dua tipe  yang dimiliki resort ini juga dilengkapi dengan sebuah restoran dan bar, bagi para diver yang ingin menyelam disini juga tersedia lengkap scuba diving gear.Pulau Sangalaki tidaklah besar, luasnya hanya sekitar 13 Ha, tiga puluh menit berjalan kaki saja kita sudah bisa mengelilinginya dari ujung ke ujung, apalagi berjalan berduaan dengan kekasih tercinta, suasananya makin romantis ketika diiringi oleh pendar cahaya keemasan di fuk barat ketika matahari mulai terbenam.Selain untuk melihat hewan-hewan langka tersebut, para pengunjung juga bisa menikmati pantai di Pulau Sangalaki yang putih bersih, sangat cocok untuk bermalas-malasan sambil menikmati kehangatan pasarnya yang lembut. Pohon yang rindang di sekeliling pantai juga memberikan kesejukan bagi pengunjung lokal yang biasanya tak suka kepanasan, berbeda dengan “bule” yang lebih suka untuk berjemur dibawah terik matahari.

Penasaran dengan keindahannya?. Langsung saja datang ke kalimantan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>